MENJADI DOSEN YANG “BAIK”

24 April 2011, 12:13, dibaca 2029 kali
Share |

Kalimat diatas bagi saya sangat menarik, karena berkaitan dengan apa yang saya kerjakan hampir 24 tahun ini. Mungkin tidak mudah untuk menjawab pertanyaan diatas, namun jika kriteria kinerja kita selaku dosen hanya diukur dari sampai institusi meluluskan mahasiswa, atau berdasarkan kepangkatan dosen. mungkin bukan merupakan suatu yang sulit, namun bila itu berkaitan dengan bagaimana dosen dapat melakukan transformasi cara berfikir sehingga peserta didik percaya diri, mampu, dan berani terjun untuk bekerja dibidangnya, itu bukanlah persoalan yang mudah.
Bila kriteria kinerja telah ditetapkan, pertanyaan berikutnya adalah, dosen yang baik dari sudut pandang siapa, diri pribadi, institusi, sejawat, atau dari mahasiswa peserta didik. Bila sistem yang berlaku sudah berjalan dan memiliki standar yang baku. Pribadi yang baik, dengan etos kerja yang tinggi, sudah tentu tidak secara otomatis akan menjadi dosen yang baik bila tidak didukung sistem dan sarana serta prasarana yang baik pula.
Menjadi dosen yang baik dan profesional adalah impian setiap dosen yang memang bercita-cita menjadi seorang pendidik. Dosen merupakan sosok peneliti dan sekaligus pendidik. Tidak semua dosen dapat melaksanakan keduanya dengan baik, lalu bagaimana karakteristik dosen yang IDEAL itu?
Menurut Milton Hildebrand dan Kenneth Felmand, dosen ideal memiliki ciri-ciri berikut:
1. Gaya Mengajar Yang Merangsang Belajar
2. Kemampuan Untuk Berkomunikasi Secara Jelas
3. Menguasai Materi Kuliah Yang Dipegangnya
4. Siap dan Terorganisir
5. Memiliki Antusiasme Yang Dinamis
6. Memiliki Kepedulian Pribadi Terhadap Mahasiswa
7. Ketrampilan Berinteraksi
8. Fleksibilitas, Kreativitas, Keterbukaan
9. Memiliki Kepribadian Yang Kuat
10. Komitmen
Dosen yang memiliki semua ciri yang telah digambarkan diatas dianggap sebagai dosen yang baik oleh mahasiswa, sejawat dan institusi. Dosen yang memiliki kekuatan disebagian bidang dipandang sebagai dosen yang baik oleh sebagian pengamat dan dosen yang jelek bagi sebagian lainnya.
“Tidak banyak dosen yang hebat; mungkin tidak ada dosen yang selalu baik. Tetapi, banyak dosen yang kadang-kadang hebat.” (Milton Hildebrand, 1973) Kita perlu berusaha keras untuk membuat kehebatan yang kadang-kadang ini terjadi lebih sering! (Disarikan dari beberapa tulisan)
 



Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion