Rencana Kerja Pengembangan Infrastruktur Jaringan dan Server dalam mendukung Universitas Sriwijaya menuju Universitas Kelas Dunia

20 Juni 2012, 13:19, dibaca 2471 kali
Share |

 Rencana Kerja Pengembangan Infrastruktur Jaringan Komputer dan Server Universitas Sriwijaya 2012

Saat ini perkembangan teknologi informasi sangat pesat menjadikan hampir seluruh pekerjaan manusia di berbagai sektor seperti bisnis, pemerintahan maupun pendidikan berbasiskan teknologi informasi, banyak diantara aplikasi teknologi informasi yang digunakan, dijalankan diatas jaringan komputer. Sebagai sebuah institusi pendidikan besar seperti layaknya Universitas Sriwijaya, keberadaan infrastruktur jaringan komputer dan server yang memadai mutlak diperlukan agar mampu menjalankan segala proses pekerjaan, baik pekerjaan yang berhubungan secara langsung dengan pendidikan ataupun pekerjaan administrasi dan berbagai layanan untuk sivitas akademika.
Dalam membangun infrastruktur jaringan komputer dan server yang dapat berjalan secara baik dibutuhkan berbagai macam aspek yang mencakup aspek teknis, management organisasi dan dukungan kebijakan dari Universitas.
Secara teknis dalam membangun infrastruktur jaringan komputer dan server diperlukan perhitungan yang cermat terhadap load sistem, desain dan juga strategi implementasi. Dari sisi managemen perhitungan kebutuhan sumber daya manusia, pembagian tugas sumber daya manusia, prosedur operasional baku (POB), dokumentasi sistem dan juga blueprint infrastruktur harus dipersiapkan, dibuat dan yang tak kalah pentingnya adalah kebijakan yang mendukung proses perencanaan, pengembangan dan pengelolaan sistem infrastruktur jaringan komputer dan server.
Untuk dapat melihat secara objektif kondisi dari infrastruktur jaringan komputer dan server yang ada di Universitas Sriwijaya diperlukan sebuah proses assesmen guna menilai sistem baik dari segi teknis, managemen dan juga kebijakan yang diterapkan. Dengan adanya assessmen diharapkan akan menghasilkan sebuah feedback positif untuk kemajuan infrastruktur IT di lingkungan Universitas Sriwijaya kedepannya.
Performa suatu infrastruktur jaringan dan server dapat dilihat dengan melakukan berbagai pengukuran terhadap beberapa besaran, adapun spesifikasi perangkat pengukuran yang dipergunakan antara lain: Availability measurement system; Network link quality measurement (Latency, packet loss); Link throughput; dan Network link utilization measurement. Mengacu pada hasil pengujian performa dari pengukuran link availability, link troughput, link quality dan link utilization dari infrastruktur jaringan di Universitas Sriwijaya diketahui bahwa kapasitas Infrastruktur jaringan yang sekarang dimiliki Universitas Sriwijaya masih sangat memadai dan dapat mencukupi kebutuhan yang ada sekarang.
Meski demikian, bila kita melihat pada utilisasi jaringan yang ada saat ini, terlihat bahwa traffic internal masih sangat rendah, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah terbatasnya ‘access public area’ untuk internet di suatu tempat dan juga content internal yang bisa jadi generator traffic di lingkungan Universitas Sriwijaya. Dalam hal service network seperti DNS, Email, VPN belum dapat diukur karena tidak ada monitoring system terpusat untuk seluruh service tersebut, monitoring terpusat sangat penting untuk melihat performa dari service-service tersebut.
Guna meningkatkan performa dari infrastruktur jaringan komputer dan server serta meningkatkan layanan IT di lingkungan Universitas Sriwijaya dalam mendukung Unsri menuju Universitas Kelas Dunia telah ditetapkan Rencana Kerja yang perlu segera dilaksanakan, antara lain:


1. Memperbaiki dan meningkatkan sistem monitoring jaringan dan server agar bisa memantau seluruh aspek performa sistem.

  1. Fault monitoring dengan Nagios untuk memantau up down dari perangkat server, perangkat jaringan dan layanan.
  2. Performance monitoring dengan Cacti yang akan bisa memantau utilisasi link jaringan dan utilisasi hardwre server. Perangkat ini sebenarnya sudah diterapkan dilingkungan infrastruktur jaringan dan server Universitas Sriwijaya, namun beberapa fitur tidak diaktifkan sehingga kurang memaksimalkan kapabilitas perangkat monitoring ini, tools tambahan yang bisa dimanfaatkan antara lain adalah netmap yang bisa memperlihatkan utility jaringan berdasarkan peta topology
  3. Configuration monitoring
  4. Log monitoring
  5. Flow monitoring
  6. Memasang sistem monitoring tambahan untuk email. Secara default zimbra mail system sudah mempunyai sistem monitoring internal, namun sistem ini masih dibilang belum cukup cukup detail untuk memantau mail system, untuk itu perlu untuk menambahkan tools monitoring tambahan seperti: Isoqlog, pflogsum dan mailgraph.
  7. Menggunakan protocol routing dynamic dan policy routing
  8. Mendesain ulang Topologi jaringan yang ada agar lebih mengoptimalkan kinerja jaringan komputer
  9. Mengurangi penerapan Nat dan hanya boleh dilakukan di satu titik.

 


2. Melakukan re-organisasi UPT Puskom


Organisasi merupakan aspek penting selain aspek teknologi. Tanpa adanya organisasi yang baik bisa dipastikan pengelolaan dan pengembangan sistem tidak akan berjalan secara optimal, berikut adalah susunan organisasi yang disarankan beserta penjelasan masing-masing posisi.Secara garis besar, organisasi UPT Puskom mempunyai fungsi untuk menjalankan secara menyeluruh kegiatan pengelolaan dan pengembangan teknologi informasi di lingkungan kampus Universitas Sriwijaya. Dalam organisasi ini ada tiga bidang yang dikelola yaitu bidang sistem informasi, bidang jaringan komputer dan server serta konten multimedia dan digital. Setiap bidang ini akan dikelola dalam satu divisi yang dikepalai oleh kepala divisi yang bertanggung jawab langsung kepada kepala Puskom. Adapun setiap divisi mempunyai tanggung jawab sebagai berikut:

  • Sistem informasi: Melakukan pengembangan dan pengelolaan terhadap sistem informasi yang ada di Universitas.
  • Infrastruktur jaringan dan server: Melakukan pengembangan dan pengelolaan terhadap infrastruktur jaringan komputer dan server
  • Multimedia dan konten digital: melakukan pengembangan, pembuatan dan pengelolaan terhadap konten website untuk Universtas maupun Fakultas dan Jurusan. Mengelola teleconference, membuat konten video Universitas. 

Organisasi ini adalah organisasi yang akan mengelola teknologi informasi di Universitas Sriwijaya secara terpusat, segala kebijakan penerapan teknologi informasi ada didalam wewenang organisasi ini. Adapun untuk struktur organisasi pengelola infrastruktur jaringan dan komputer bisa dilihat dibagian bawah. Divisi infrastruktur jaringan komputer mempunyai dua buah tugas utama yaitu sebagai pengelola infrastruktur jaringan komputer dan server serta sebagai pembangun dan pengembang teknologi infrastruktur jaringan dan server. Oleh karena itu akan ada dua buah bagian besar dalam tim ini yaitu, tim research dan development serta tim operasional.

Sesuai dengan namanya, tim research dan development akan melakukan fungsi sebagai tim pengembang teknologi, walaupun kadang kala anggota dari tim ini bisa diperbantukan untuk kebutuhan operasional, anggota tim ini adalah admin senior yang bisa dibantu oleh mahasiswa yang tertarik untuk melakukan riset ataupun menyelesaikan tugas akhir/thesis.

Tim operasional adalah tim yang tugas sehari-harinya adalah memelihara infrastruktur jaringan komputer dan server, mengamati apabila ada masalah dan melakukan tugas rutin harian seperti monitoring dan pencatatan, tim ini bisa diisi oleh admin junior yang didampingi oleh admin senior. Jika ada masalah ringan bisa diatasi oleh tim ini namun jika ada masalah yang lebih berat maka perlu ada eskalasi ke admin senior.

Dalam tim operasional ada juga yang difungsikan sebagai dukungan teknis yaitu orang yang secara khusus mengurusi masalah yang berkaitan dengan kelistrikan dan pengkabelan jaringan komputer, orang ini khusus menangani hal-hal yang berkaitan dengan aspek fisis, berbeda dengan sysadmin yang mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan aspek logis, yang terakhir dan tidak kalah penting adalah IT Helpdesk yang berfungsi untuk berinteraksi langsung dengan end user, menerima complain dari end user dan juga membantu end user untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jaringan komputer.

Keberadaan struktur organisasi ini tidak serta merta menghapus admin local(jurusan/fakultas). Admin fakultas/jurusan tetap diperlukan untuk melakukan pengelolaan sistem yang ada di masing-masing jurusan ataupun fakultas, namun semuanya harus berkoordinasi dengan kepala divisi infrastruktur jaringan dan server di Puskom.

 

 



Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion